Buat kita-kita yang punya motor agak tua mungkin sudah mengalami dimana bensin mulai bocor ke chamber busi. Akibat yang paling sering terjadi adalah motor susah dihidupkan karena pemantik di businya basah sehingga tidak dapat memulai proses pembakaran. Efek yang kedua yang pernah saya alami adalah mesin tiba-tiba mati saat motor sedang jalan. Perlu usaha yang lama untuk mengeringkan busi dan mencoba menghidupkan motor berkali-kali dengan cara di ogleng (pakai starter kaki). Berikut ini saya sampaikan 2 cara sederhana yang bisa membuat motor anda langsung hidup saat di starter tanpa harus mengeringkan busi lebih dulu:
- Saat berhenti dimanapun dan kapanpun, pasang motor anda dalam posisi standar ganda (tengah) dan bukan standar samping. Ini akan membuat posisi tangki bensin mendongak ke belakang sehingga bensin tidak mendesak turun ke bagian mesin/busi.
- Tutup kran bensin anda pada posisi OFF (kesamping) sehingga tidak ada bensin yang mengalir ke bagian busi sehingga bagian pemantik busi akan tetap kering. Jangan lupa memutar kran bensin pada posisi ON (kebawah) waktu akan mulai menjalankan motor lagi. Beberapa kali saya lupa membuka lagi sehingga mesin tiba-tiba mati di jalan, hehehe. Ada baiknya tebeng depan motor yang bagian samping dilepas saja untuk memudahkan proses buka tutup kran bensin.
Dengan dua cara diatas saya yang memakai Honda Suprafit tahun 2005 masih lancar saat menghidupkan motor walau sudah semalaman diparkir.
Selain dua cara diatas, ada 3 hal lagi yang perlu anda lakukan sebagai langkah cadangan:
- Cadangkan satu busi baru di jok motor anda, ini bisa langsung menolong anda yang terburu-buru ingin motor langsung hidup. Keringkan busi yang baru dilepas kemudian taruh dijok sebagai cadangan untuk dipakai kemudian.
- Sediakan kunci dan perlengkapan pembuka busi, biasanya saat membeli motor selalu dilengkapi dengan perlengkapan ini.
- Siapkan kain kering bersih di jok motor anda, ini akan anda butuhkan jika busi cadangan tidak bekerja dan anda perlu mengeringkan busi yang basah dengan bensin.
Demikian tadi info tentang memelihara (bukan memelihara sebenarnya) lebih ke memberikan treatment kepada motor tua yang bensinnya sudah bocor ke bagian bensin sehingga mudah dihidupkan. Semoga bermanfaat :) brummm brummm...hehehehe.