Tiket KA pulang pergi sudah dipesan, sudah dicetak pula ke stasiun...dan masuklah sebuah sms nggemesin "Bro, awak keluar kota minggu depan, main kesininya ditunda ya?" atau "Maaf, istri atasan kami yang akan mewawancarai anda kena cacar, silahkan jadwalkan ulang waktu interview anda." Weeee....memble....terpaksalah kita batalkan tiket KA api kita yang bagus itu, hehehe, bagus karena ndak kayak tiket lainnya, tiket pesawat aja kalah bagus...:) tapi apa ndak buang-buang kertas ya itu, tebal je...:)
Oke, dibawah ini langkah-langkah jika anda ingin mengajukan refund untuk pembatalan tiket KA:
- Berangkat ke stasiun, jangan lupa mandi, berdoa sebelum keluar rumah, pastikan semua pintu dan jendela terkunci, kucing sudah dikasih makan, cium tangan dan kaki tetangga, hehehe... dan semua saklar listrik sudah dimatikan, en en en...bawa tisu, kenapa, karena sesuai pengalaman saya, prosesnya banyak di luar ruangan.
- Setelah sampai, ambil nomor antrian kayak di bank, tekan tombol pemesanan, huruf D diikuti dengan angka, kalau huruf E bukan pembatalan...hohohoho saya lupa warna tombolnya.
- Isi lembar pembatalan (warna merah), isinya nama, nomor seri (ujung kanan atas di tiket yg sudah kita print), kode booking (ada di sms waktu pesen online, kalau pembelian cara lain saya kurang tahu), kalau mau ambil di stasiun uangnya nomor rekening ndak usah diisi.
- Siapkan fotokopi ktp
- Udah deh nunggu panggilan, silahkan bawa semua perangkat masak anda untuk ngisi waktu luang
- Setelah dipanggil lembar pembatalan akan diprint sisi belakangnya, kalau ambil uang refundnya di stasiun jangan hilang ya kertasnya, kalau transfer sih nyante, tetep jangan hilang untuk klaim kalau ada apa-apa.
- Udah deh pulang, biasanya waktu pengambilan 30 hari untuk yang ambil di stasiun dan 45 hari untuk transfer, silahkan pilih sesuai kondisi dompet pakdhe dan budhe sekalian...:)
- Jumlah yang dikembalikan dipotong sebesar 25% dari nilai tiket.
Oke deh demikian tadi cara refund tiket KA yang kita batalkan, oh ya, bisa dijadwalkan ulang juga tiketnya, tapi saya belum pernah. Kalau ada kesulitan dan mau ngadem :), masuk aja ke ruang customer sevice, adem karena ada ac nya dan petugasnya baik-baik menurut pengalaman saya. Semoga bermanfaat demi nusa, bangsa, dan dompet kita, merdeka!
No comments:
Post a Comment